Kamis, 10 Juni 2010

Apa? Giwang ini? Berlian 2 Karat!

KONTROVERSIAL, attitude semau gue dan menikmati segala macam publikasi tak mungkin dipisahkan dari Diego Maradona. Sang nakhoda Argentina ini lagi-lagi menegaskan ‘sikapnya’ itu dalam latihan formalitas, begitu Maradona menyebutnya, pada Rabu (9/6) di Rugby Ground Universitas Pretoria.

Dalam latihan yang molor sekitar dua jam itu, Maradona hanya membawa para pemain penggantinya. Punggawa ‘yang punya nama’ yang tampak di lapangan hanyalah Sergio ‘Kun’ Aguero dan Martin Palermo. Sedangkan Lionel Messi, Javier Mascherano atau Gonzalo Higuain entah berada dimana. Padahal untuk masuk ke tempat latihan Los Albicelestes –julukan Argentina- sangat amat dibutuhkan kesabaran. Rencana yang dikeluarkan FIFA, Maradona seharusnya memulai latihan pada 16.15 waktu setempat. Namun, sesuai titah si tangan tuhan, wartawan di larang berada di training ground sebelum pukul 17.00. Alhasil menumpuklah wartawan di Jalan Burnett, Hatfield itu. Sialnya lagi, polisi dan petugas keamanan melarang keras siapapun menggunakan telepon selular tanpa penjelasan yang berarti. Setelah menunggu, rombongan peliput diperbolehkan berjalan menuju tempat latihan. Dari sana, kembali Maradona belum siap. Dia mengundur waktu hingga pukul 17.50. Beberapa jurnalis mengeluh karena suhu menukik tajam menyentuh angka dua derajat celcius di thermometer. Akhirnya jurnalis diperkenankan masuk. Di lapangan terdapat Maradona, dan beberapa pemain. Sialnya, tidak ada pemain bintang yang berlatih. Ditambah lagi, seakan-akan bukan timnas Argentina yang melakukan training tapi Maradona sendiri. Dia berdiri di luar kotak penalti bersama dua asistennya, lalu Maradona melepaskan tembakan kea rah gawang beberapa kali. Sedangkan Aguero atau Palermo hanya mencoba satu – dua kali. Setelah itu kedua pemain tersebut keluar lapangan dan masuk ke dalam gedung utama. Berselang sekitar tiga menit, Maradona juga keluar lapangan. Beberapa jurnalis berteriak, menanyakan persiapan terakhir Los Albicelestes. Dengan tenang, pria yang membawa Argentina juara dunia pada 1986 ini, menjawab: “Apa? Giwang ini? Berlian, dua karat!”

Ucapan Maradona merupakan respon terhadap kembali munculnya berita terkait lelang giwang berlian Maradona yang disita lantaran si dewa sepak bola ini tidak membayar pajak saat membela Napoli.

Setelah Maradona masuk ke gedung, seorang ofisial Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengumumkan Maradona tidak akan menghadiri konferensi pers. Dia menunjuk bek Gabriel Heinze dan gelandang Mario Bolatti untuk menjawab pertanyaan wartawan.


PRETORIA, South Africa, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar